Saturday, June 22, 2013

Suatu Pagi, Ketika Jam Pelajaran Geografi

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Ketemu lagi dengan saya yang tampan rupawan dan blog WSO-nya yang beluman laku hari ini.
Tapi, well... saya gak peduli..., yang penting msih bisa berkreasi tanpa batas akal pikiran--karena ada yang bilang ke saya "gak punya pkiran lu". Pagi yang cerah ini, WSO akan memposting artikel humor lagi... yah, memang cuman penggalan dialog-dialog tanpa cerita yang berarti. Tapi, hey... apah salahnya membaca terus artikel ini. Saya berdo'a agar anda terhibur... aamiin.

SUATU PAGI, KETIKA JAM PELAJARAN GEOGRAFI

Guru     : (memasuki kelas) Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Murid   : Walaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.
Guru     : Ista’idu wakro’u... ehh, kamu yang nyiapin!
Hasan   : Ista’idu wakro’u suratal asyri.
Guru     : Ehh... salah, ayo yang bener!
Darwis  : Ista’idu wakro’u suratal faatihah. (semua berdo’a)
Darwis  : Tasliiman... (semua membaca salam)
Murid   : (semua bergegas bawa tas dan buku masing-masing mau pulang)
Guru     : Ini... mau ngapain?
Hidayat : Pulang, pak! (polos)
Guru     : Koq pulang? Pake ‘PAK’ (ada tekanan) lagi!? Sekolah!!!
Murid   : Yah... (otomatis lemes)
Guru     : Sekarang kita belajar geografi, anak-anak.
Abdul   : Pake ‘anak-anak’ lagi. (balas dendam)
Jalu      : Taulah yang paling tua mah.
Saman  : Iyah, Abdul kan lebih tua dari pak guru.
Guru     : Terus? Saya harus pake ‘pak’ gitu?
Abdul   : ‘O’ ajah kali, enggak usah bilang ‘wow’ segala.
Jalu       : Siapa yang bilang ‘wow’??? (bingung)
Murid    : Enggak ada, iyah gak ada..
Jalu       : Terus ngapain bilang ‘wow’?
Hasan   : Ehh.. udah-udah ini cuma cerita buatan gue aja, jangan di ancurin dong!
Guru     : Sebagai hukuman, murid yang ngelunjak gurunya, Abdul berdiri di depan!!!
Abdul   : (maju ke depan) hmm... dimana?
Jalu       : Disitu Dul! (sembari nunjuk salah satu pojok kelas) sampai ceritanya selesai.
Guru     : Baiklah anak-anak, (sambil menaruh peta ke dinding) ini yang namanya peta,
              P-E-T-A.. peta. Apa namanya anak-anak?
Murid   : P-E-T-A, pisang! (kompak)
Guru     : Hah? kok jadi pisang?? Peta.. P-E-T-A?
Murid   : Pisang!! (lebih lantang)
Guru     : (menepuk jidat) P-I-S-A-N-G???
Murid    : Pak...?
Guru     : (geleng-geleng kepala.. sambil meratapi nasib) Selanjutnya jadi monyet lagi??   
              (menundukan kepala sembari berjalan ke arah peta)
Murid   : Iyah!! (pak guru yang sedang berjalan ke arah peta langsung menoleh ke arah murid-murid dengan        tatapan yang aneh)
Guru    : Langsung saja deh.. (lemes) Anak-anak, ini adalah peta atu imitasi dari bentuk konvensional permukaan bumi. Konvensional disini ialah kesepakatan bersama terhadap simbol, lambang, warna, garis, titik dot, gambar, tipe, ciri, bentuk panah, dan karakter-karakter yang lain. Lalu stratifikasi dalam peta di retikulerkan mulai dari litosfer, pedosfer, atmosfer, hidrosfer dan biosfer pada bidang datar yang di perkecil dengan skala tertentu..
Syihab  : Pak, kenapa antroposfer enggak masuk??
Guru    : Untuk antroposfer memilik bidang pembahasan tersendiri mengenai kependudukan..
Murid   : ohh.. (menganguk dengan tatapan kagum)
Guru     : Dan komponen atau unsur dalam peta terdiri dari : (sambil menunjuk satu -persatu) judul, garis, tepi, garis astronomis, skala, simbol, orientasi, letering, legenda, insert dan suber atau tahun pendataan..
Murid   : (memasang wajah kagum)
Guru     : Anak-anak lihat disini ada simbol petunjuk arah..
Hasan   : Kurang jelas (semua murid sambil tengak-tengok dengan tatapan ‘mana’)
Guru     : Apa harus lebih dekat lagi yah? (posisi memandang kesekitar peta-seperti ingin dipindahkan)
Hasan   : Bukan, pak! Bapaknya ngehalangin.. (sambil menggerakan tangan)
Guru     : (sambil cemberut bergeser)
Murid   : Nah...
Guru     : Anak-anak, ini ada arah utara, selatan, timur dan barat..
Jalu       : Kirain ada duren, rambutan melon sama apel..
Hasan   : Mau dagang Lu??
Guru     : Sudah-sudah, (sambil menggelengkan kepala) Saya minta perhatiannya!!!
Hasan   : Hah! Bapak homo!? (kaget)
Guru     : ehh... bukan begitu. Tapi maksudnya ‘saya dengerin aku’..
Saman  : Hah! ‘saya dengerin aku’?? Ngerti Wis?? (sambil menoleh ke arah Darwis dengan tatapan bingung)
Darwis  : Ngomong sendiri.. udah gila kali?
Syihab  : Bawa ke RSJ aja yuk???
Guru     : Berisik semua!!!!! (marah sembari menggebrak meja dengan mata melotot)
Murid   : (tiba-tiba suasana menjadi hening-sambil duduk rapih siap siaga)
Guru     : Sekarang arah utara kemana?
Murid   : (semua menunjuk ke arah yang berlainan)
Guru     : Bodoh kalian!!  Emang ada berapa banyak?? Yang jadi penamaan itu cuman ada empat.. (sambil mengangkat kelima jarinya)
Jalu      : Itu lima pak!?
Guru    : (melihat jarinya ternyata yang di tunjukan ada lima, lalu dengan perlahan pak guru menurunkan jempolnya)
Murid  : (tertawa-tetapi Abed yang paling keras)
Guru    : Sekarang Abed kedepan! Diam di depan dulu.. (sambil marah-lalu mereda marahnya) Anak-anak, peta ini kan gambaran bumi, dan bumi terdiri dari samudra, benua, kepulauan, gunung dan lain-lain. Tapi sebelum itu saya ingin tanya, Abed ini peta atau pisang? (dengan gertakan)
Abed   : Peta pak..
Guru    : Peta atau pisang???
Abed   : Pisang pak..
Guru    : Yang bener peta atu pisang!? (lebih keras)
Abed   : Petaaaa!!
Guru    : Bagus.. (luwes) Coba kalau kata kamu dimana letak Indonesia di peta ini? (keras)
Abed   : Hemm... yang ini pak! (sambil menunjuk gambar geografis Indonesia di peta tersebut-mantap)
Guru    : Bagus.. Sekarang anak-anak siapa penemu negara Republik Indonesia??
Murid  : Tadi sih, Abed pak!!!
Guru    : Haduuhhh.. (sambil memegang kepalanya dengan kedua tangan)
Abed   : (kembali duduk ketempat asalnya)
Guru    : Huffhh... (menghela nafas) Baiklah anak-anak, Indonesia adalah sebuah negara kepulauan dengan letak astronomis 6’ LU-11’ LS dan 95’BT-141’BT..
Hidayat : Bujur.. (polos)
Guru     : Busur!! (sigap) Dengan luas kurang lebih 5.193.252 KM2..
Jalu      : Woww.. Panjang.. ehh luas banget..
Guru    : (geleng-geleng kepala) Dan, (ada tekanan) jumlah pulaunya kurang lebih 17.508
Hasan  : Mengaggumkan.. (Hasan berimajinasi)
Guru    : Disini, ada yang tau kalau di Indonesia ada berapa jumlah gunungnya, perempuan! (eitts...jangan salah maksud lho)
Hasan  : Banyak pak!
Jalu      : Yang ditanya cewek San, emang lu cewek?? (kaget)
Hasan  : Iyah Lu.. ehh bukan!! Habis gimana lagi?? Di cerita ini laki-laki semua enggak ada perempuannya..
Dhani   : (tiba-tiba) Ihh... cuman dua juga San!? Jangan bohong..
Guru    : Dua dari mana Dhan?? (bingung)
Dhani   : Dari *tuuuuuuttt* pak! (di sensor)
Guru    : Ehh.. emang gunung apaan Dhan?
Dhani   : Gunung yang masih di sensor pak, khususan buat yang udah nikah!
Guru    : Bukan yang itu Dhan, tapi gunung beneran, gunung beneran di Indonesia jumlahnya berapa?? Semua jelas
Murid   : Jelas pak..
Guru     : Jadi... jumlah gunung di Indonesia ada berapa??
Jalu      : Kata si Hasan di bukunya yang populer mah ada 178..
Guru    : Ayo sebutkan satu persatu?
Murid  : (bengong sambil tengok kanan-kiri)
Guru    : Kok bengong?? Ayo jawab!?
Hasan  : Ehh.. ehh... gunung tinggi, gunung pendek..
Jalu      : Gunung kecil, gunung besar..
Darwis : Gunung item, gunung putih..
Saman  : Gunung yang bentuknya segitiga!
Hidayat : Gunung kotak!
Dhani    : Gunung bulet! (eitts...jangan negative thinking dulu)
Abed   : Gunung trapesium!
Syihab  : Gunung jajaran-genjang!
Guru    : Hufhhh.. (menghela nafas) Sekalian aja gunung layang-layang.. (kalem tapi dengan nada euneg)
Hidayat : Emang ada pak??
Guru     : (garuk-garuk kepala)
Abdul   : (tiba-tiba) Pak, kapan saya duduk?? Udah pegel nih!? Udah mah kebagian dialog paling sedikit..
Guru     : Diri kok encok sih? Tanya aja sama yang bikin ceritanya..
Abdul   : San, sampai kapan??
Hasan   : Sabar Dul, bahas tentang danau aja belum..
Abdul   : Yaudah, langsungin aja..
Syarif    : Pak..
Guru     : Oke, dipercepat.. (sambil mengankat jempol tangan kanan) Jalu, apa hubungannya antara gunung dan danau?
Jalu      : Heh? (bingung) Hubungan apaan pak?
Guru    : Keduanya..
Jalu      : Setahu saya mereka enggak punya kelamin deh pak, jadi enggak bisa melakukan hubungan.
Guru    : (langsung membalik jempol tangan kanannya yang tadi keatas) Hadeh, 3 tahun saya ngajar kalian bisa stroke nih, maksudnya Lu, bagaimana hubungan keduanya antara gunung dan danau selama ini??
Jalu      : Ohh... baik-baik aja kok pak!
Hasan  : Llu baik, Lu??
Jalu      : Alhamdulillah baik, San.
Darwis : Baik, Lu?
Jalu      : Alhamdulillah, coyy.
Dhani   : Sehat, Lu??
Jalu      : Sehat, Dhan??
Dhani   : Alhamdulillah.. (dan disusul semua murid saling berjabat tangan)
Guru    : Udah.. udah semuanya!! (sambil menggebrak meja tapi tidak terlalu kencang) yang benar itu hubungannya adalah kalau danau di bawah, kalau gunung di atas tetapi sama-sama bisa mengeluarkan cairan, kalau yang dibawah warnanya merah, yang di atas putih... ehh, terbalik.. yang di bawah putih air tawar, kalau yang di atas merah air lahar.
Saman  : Pak, semua itu apa masalah untuk kami? (murid songong-jangan di tiru)
Guru     : Masalahnya kalau naro hape di pegunungan itu sinyalnya jelek..
Hidayat : Terus..., bagusnya dimana, pak?
Guru     : Dibawah, karena dekat sma tower.
Jalu      : Koq, jadi ngeres gini sih gurunya??
Hasan  : Dasar laki-laki!!
Jalu      : San, lu emang apaan??
Hasan   : ehh, iyah gue lupa.
Abdul   : (tiba-tiba) yaudah deh, selesain ajah, pegel nih.
Guru     : Ide bagus.. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..
Murid   : Walaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh..

Kesamaan nama, tokoh, dan cerita hanya kebetulan semata... Cerita ini murni bikinan si Hasan semata.
Hhahaha, lucu gak, bang? Yah... seenggak-enggaknya pass baca 'hhahaha' barusan anda ketawa, hhehe.
Oiyah, kalo gak lucu... protestnye jangan ke saya, yang bikin ntuh cerita kan si Hasan. :-P
Udahan akh..., saya udah harus kerja--ngerjain orang--.
Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


EmoticonEmoticon